Menyingkap
Manajemen
Revolusi
dan Inovasi
Judul : The Apple Way
Penulis : Jeffrei L. Cruikshank
Penerbit: esensi
Cetak : 2008
Tebal : 278 Halaman
Inovasi
tidak berasal dari uang, inovasi berasal dari orang. Akan tetapi, berinovasi
tanpa uang adalah sesuatu yang mustahil dimana para pesaing bersedia membayar
berapapun yang diperlukan untuk mencuri para teknisi dan insinyur terbaik anda.
Guna mempertahankan para tenaga kerja yang potensial dan berbakat itu berarti
anda harus siap memberikan gaji yang kompetitif. (hal.26)
Apple
sebuah produsen teknologi yang jatuh bangun bermain di tengah pasar. Trend dan
laku pasar sering melambungkan untung, tapi juga kadang menghempasnya.
Seseorang
di balik Apple yang membuat sangat bersejarah dari dekada ke dekade lain.
Keterpurukan tampaknya memang sebuah keharusan ketika regenerasi terjadi kurang
matang dan subjektif. Dia adalah Adalah Steve Jobs, orang yang energik dan
kreatif. Tak sekedar membuat, menjual, teknologi dalam bentuk komputer.
Lihatlah komentar aneh ini! orang-orang terbaik dalam bidang komputer adalah
penyair, penulis dan musisi! (hal. 34)
Buku
ini bukan memaparkan sejarah Apple. Tidak sekedar itu, ia juga membicarakan
strategi dan sejumlah persoalan di perusahaan berkedudukan di Bandley Drive,
Cupertino, California itu. Para eksekutif muda boleh bangga dengan laptop
dengan lambang elegan buah apel yang, atau remaja yang memegang benda metalik
bernama iPod. Tetapi sebenarnya, itulah dua kecemerlangan dari banyak keburaman
perusahaan ini.
Jika
tahu apa yang mereka inginkan, berikan pada mereka. Abaikan orang-orang yang
skeptis. (hal. 57) Semua memang beranjak dari mimpi dan ambisi. Memainkan
teknologi dengan sikap tegas, teknologi mutakhir yang bisa dimanfaatkan semua
orang.
Buku
ini mengupas manajemen, menelaah teknologi, memaparkan visi marketing, dan juga
melakukan kajian kemanusiaan. Penulisnya mendapatkan 12 pelajaran manajemen. Ia
menyebutkan, perusahaan yang paling inovatif di dunia. Jika di Asia kita famous
dengan microsoft, pada buku ini, justru microsoft pada dasarnya juga berguru ke
Apple. Nah!
Apa
saja 12 pelajaran tersebut? Keajaiban dan Margin, Menemukan Masa Depan, Membuat
Mereka Sesak Napas, Menjaga Permata Keluarga, Jaga Semua Teman Anda dengan
Wajar, Menepati Janji Anda, Membangun Sekte, Dapatkan Di Luar Sana,
Mempertahankan Kekerenan Anda, Menyindir Para Penjahat, Memperbaiki Pemimpin
Anda dan Memperbaiki Rencana Anda.
Mengasyikkan!
Ketika banyak tersingkap sisi dalam manajemen yang dimainkan sebuah raksasa
usaha. Prinsip manajemen yang keras berhadapan dengan pasar yang ganas. Juga
joke antar badan usaha! Tetapi yang paling penting terlihat adalah, jadikan
produk dan pelanggan anda sebagai raja, seimbangkan antara manufaktur dan
pengiriman logistik, motivasikan dan inspirasikan orang-orang diluar perusahaan
untuk memasarkan dan mempromosikan produk anda, ciptakan jaringan distribusi
baru, buat keputusan berdasarkan pada citra perusahaan dan teguhkan hati anda.
Terakhir, menangkan kompetisi dengan belajar baik dari kesuksesan maupun
kegagalan. [abdullah khusairi]
No comments:
Post a Comment