KEDAULATAN PERSONAL DI DUNIA MAYA

Kedaulatan Personal


ABDULLAH KHUSAIRI

Kapan pertama memiliki media sosial? Apa yang pertama ditulis di lini massa? Tentu kita sudah lupa. Kita hanya membuat dan membuat, lalu lupa password dan buat baru. Maka banyaklah jejak digital yang tak terhapus di lini massa atas nama sendiri. 

Begitulah laku yang tak pernah disangka sebelum terjadi. Ada yang punya akun media sosial di seluruh platform, ada yang tidak. Ada yang punya akun belasan di media sosial pada platform yang sama. Macam-macamlah. 

Kini adakah hendak menghapusnya? Kenapa membiarkannya sampai terhapus sendiri? Pernah kita berpikir bagaimana pengaturan persoalan ini? Pernahkah baca aturan pakai media sosial? 

Sungguh kita baru akan melakukan itu jika sudah terjadi apa-apa. Selebihnya membiarkan mengalir begitu saja. Jika ada masalah dengan smartphone, kita kehilangan akun media sosial. Setelah ada uang, beli lagi dan buat lagi yang baru. Terus begitu. 

Bagaimana ke depan? Kita harus mulai menyadari pentingnya kedaulatan personal. Perlahan-lahan kita harus menjaga diri dari berbagai macam kejahatan yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi informasi ini. Agaknya ini perlu dan penting dilakukan. Salam. []

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA