Anas Urbaningrum Ditahan, PPI Jalan Terus

TEMPO.CO, Padang - Pengurus Daerah Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sumatera Barat, Rabu, 15 Januari 2014, dilantik Wakil Ketua Pimpinan Nasional PPI, Ma'mun Murod, yang mewakili Ketua Umum PPI, Anas Urbaningrum, yang saat ini mendekam di dalam tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara pelantikan berlangsung di gedung RRI Padang.

Ketua Pimpinan Daerah PPI Sumatera Barat, Marzul Veri, mengatakan seharusnya pelantikan digelar pada 22 Desember 2013, yang bertepatan dengan Hari Bela Negara. Namun, karena ada isu Anas akan ditahan KPK, pelantikan diundur hingga hari ini.
Veri mengatakan, kasus yang menimpa Anas tak berpengaruh pada PPI. Sebab, PPI tak identik dengan Anas. "Kami hanya prihatin. Tapi proses hukum harus tetap berjalan," kata Veri.

Acara pelantikan dihadiri loyalis Anas, di antaranya I Gade Pasek Suardika dan Muhammad Rahmad. Menurut Pasek, surat keputusan pengesahan pengurus daerah Sumatera Barat ditandatangani oleh Anas di dalam ruang tahanannya di KPK. "Ini tanda tangan pertama Anas di penjara," ujarnya.

Pasek menjelaskan, surat keputusan itu dibawa oleh Atthiyah Laila, istri Anas, pada saat membesuk Anas, Selasa, 14 Januari 2014.

Ketua panitia pelantikan PPI Sumatera Barat Abdullah Khusairi mengatakan, pelantikan sengaja dilakukan pada 15 Januari karena bertepatan dengan peringatan peristiwa Malari. "Ini momen pergerakan," ucapnya.

Anas meringkuk dalam tahanan KPK sejak Jumat pekan lalu. Anas adalah tersangka kasus gratifikasi dana proyek Hambalang.

ANDRI EL FARUQI

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA