Menunggu Kelahiran Televisi Komunitas

Abdullah Khusairi




Sebuah mimpi yang terus diusahakan agar terwujud di Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi IAIN Imam Bonjol Padang adalah hadirnya sebuah Televisi Komunitas. Sebagai sarana laboratorium bagi mahasiswa. Proses kehadiran televisi komunitas terus berjalan, seiring tahapannya. Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang mengusung cita-cita melahirkan tenaga ahli kejuruan, Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi terus berusaha untuk melengkapi sarana dan pra sarana. Televisi Komunitas merupakan sarana penting agar mahasiswa cakap dalam bidang broadcasting. Pada dasarnya Televisi Komunitas ini nantinya merupakan sarana dan prasarana sosialisasi pendidikan, selain sarana pokok pembelajaran bagi seluruh civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang. Bila dirunut arti penting Televisi Komunitas ini, ada beberapa hal yang didapat. Pertama, perlengkapan sarana belajar bagi mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Namun demikian, tetap saja, akan terlibat mengisi program pada televisi ini, jurusan lain yang ada di fakultas dakwah, seperti Bimbingan Penyuluhan Islam, Manajemen Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat. Terbuka pula untuk pelatihan-pelatihan khusus untuk mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang dari berbagai jurusan, yang memiliki minat broadcasting. Misalnya, pelatihan presenter, pelatihan cameramen, sutradara, reporter, produser, dsb. Mereka yang belajar secara tentatif ini akan diberikan sertifikat layak pakai, sehingga diharapkan, bila mereka mau melanjutkan ke bidang profesional, akan dapat digunakan. Kedua, kehadiran televisi komunitas diharapkan dapat menjadi tempat bagi para dosen untuk memberi pemikiran-pemikiran keilmuan yang dapat disiarkan. Lahirnya dialog-dialog keagamaan, maupun keilmuan lainnya, untuk menanggapi peristiwa-peristiwa aktual. Hal ini juga dilaksanakan secara teknis oleh mahasiswa. Ada beberapa keuntungan tentunya, dosen para pakar, akademisi, civitas akademika dapat ruang baru untuk aktualisasi diri. Mereka juga bisa diberikan sertifikat oleh pengelola lembaga televisi komunitas. Ketiga, ini penting bagi masa depan IAIN Imam Bonjol Padang.


Kehadiran televisi komunitas akan membantu membangun image di tengah masyarakat dengan cara memberitakan berita-berita positif lembaga dan mampu menjadi bumper conter attack isu dari luar lembaga. Dengan kekuatan pemancar yang dimiliki, secara teknis akan mampu memberikan pemahaman baru kepada masyarakat Kota Padang, dimana area televisi komunitas ini dapat diterima siarannya. Ini berkaitan erat pula sebagia media promosi bagi lembaga secara masif, tepat dan cepat. Keempat, televisi komunitas ini akan menjadi satu dari sekian banyak alasan calon mahasiswa menuntut ilmu ke IAIN Imam Bonjol Padang.


Artinya, televisi komunitas bisa menambah daya tarik bagi calon mahasiswa, baik di kota padang maupun di luar kota padang. Pengabaran hadirnya televisi komunitas, tentu saja melalui sarana dan media lain sebagai media promosi. Kelima, sebagai sebuah lembaga pendukung, televisi komunitas nantinya diharapkan mampu menghidupi diri sendiri, melalui aturan yang memungkinkan.


Dengan begitu, tidak banyak lagi menyusu kepada induk. Atau kapan perlu justru memberi pemasukan kepada IAIN Imam Bonjol Padang dengan cara bekerja sama. Terbukanya kerja sama dengan pihak-pihak berkepentingan terhadap publikasi yang ditujukan market pasar seperti mahasiswa, sangatlah besar peluang tersebut. Kini dengan hadirnya studio dan beberapa sarana teknis yang telah lama dimanfaatkan, lalu ditambah dengan kehadiran peralatan pemancar, agaknya harapan itu semakin besar. Kesempatan sangat terbuka untuk sedikit lebih bekerja keras agar semuanya terwujud. Kehadiran televisi komunitas tentu saja akan menaikkan moral lembaga. Semoga. []







Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA