Muhammadiyah Salurkan Miliaran Rupiah

Padang—Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar juga berperan aktif dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa. Miliaran rupiah langsung disalurkan untuk pemberdayaan ummat dan fasilitas ummat.

Sekretaris Tim Rehab Rekon PWM Sumbar, Bakhtiar MAg, memaparkan, rencana aksi rehab rekon Muhammadiyah Sumbar melingkupi, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang keagamaan, pemulihan sosial, bidang pertanian, bidang ekonomi mikro dan bidang perumahan warga.

”Kini masih berlangsung. Rencana aksi Muhammadiyah hingga 2012. Karena kerugian yang dialami akibat bencana gempa tak kurang dari Rp44 Miliar," jelas Bakhtiar.

Hingga kini, bantuan yang telah langsung diserap ke masyarakat dari donatur sudah mencapai Rp.7 Miliar. Di antara bantuan tersebut adalah, dari Bupati Kabupaten Bantul, Idham Samawi yang dikumpulkan melalui Penerbit Kedaulatan Rakyat, Rp1,8 M untuk Pembangunan Masjid Perguruan Muhammadiyah Marapalam Padang.

Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, melalui Gerakan Sosial Rantau (Gesor) sebanyak Rp750 Juta untuk Pembangunan Masjid SMK Simp. Haru. Dari World Vision untuk 8 Lokal SMK Simp. Haru.

PWM Jawa Timur sebanyak Rp1,6 M digunakan untuk Komplek Aisyiyah Ulak Karang RP600 Juta, Panti Asuhan Aisyiyah Lubuh Basung RP500 Juta, Rumah Bersalin PKU Muhammadiyah Balaiselasa Rp500 Juta.

”Dari PWM Jogja, juga dibantu 1 Unit Ambulan, sedangkan dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, melalui Lazis dibangun 45 Rumah Tanjung Sani, Sei Batang, Maninjau Agam. Sedang dikerjakan sekarang," jelas Dosen IAIN Imam Bonjol Padang ini.

PWM Sumbar juga membuka rekening Rehab Rekon demi membantu masyarakat. Dari rekening ini, bantuan telah disalurkan untuk 81 unit fasilitas umum seperti, masjid, sekolah, dan panti asuhan, senilai Rp510 juta.

Muhammadiyah Sumbar yang memiliki 134 Cabang dan 758 Ranting, bahu membahu untuk membantu ummat. Bantuan tak boleh dibiarkan menumpuk.

”Sebagai organisasi yang memiliki anggota di seluruh pelosok Sumbar, PWM terus bergerak untuk membangkitkan ummat," ujarnya. [abdullah khusairi] Bulletin R&R Sumbar Edisi IV Tahun Juni 2010

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA