Milad Ke-83

Tarbiyah Islamiyah Gelar Lomba Baca Kitab Kuning
PADANG
--- Membaca kitab kuning membutuhkan skill bahasa arab yang tinggi. Bisa berbahasa Arab aktif percakapan, belum tentu bisa membaca kitab kuning. Dalam kitab-kitab klasik inilah, banyak sekali ilmu pengetahuan keagamaan yang masih dibutuhkan dalam konteks kekinian.

“Sebaliknya, mereka yang menguasai kitab kuning, sudah bisa dikatakan, mampu berbahasa arab dengan baik. Ini memang bacaan bagi santri pesantren, namun belum tentu pula bisa dikuasai banyak santri. Jadi, ini membutuhkan skill yang lebih. Mereka yang menguasai nahwu, sharaf, dan ilmu pendukunglah yang bisa membaca kitab kuning,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Milad Tarbiyah Islamiyah Ke-83, H. Baharuddin Djamil, S.IP, kepada koran ini, kemarin.

Kitab kuning seperti Ilmu Tasawuf, Fiqih, Mantiq, Bayan, merupakan sumber klasik yang melahirkan buku-buku terkini. Jadi, untuk menggali sumber paling klasik, sangatlah dibutuhkan skill pembacaan yang baik.

“Atas dasar itulah, lomba baca kita kuning ini digelar. Sebagai bentuk motivasi kepada santri di lingkungan pesantren/Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) dan komitmen menjaga tradisi,” tambah Drs. Yurisman, M.Ag., Sekretaris Panitia Milad. Kitab kuning merupakan kekhasan dan pusat keunggulan MTI.

Lomba digelar di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yayasan Sekolah Tarbiyah Islamiyah (Yastis) Padang Jl. Pramuka IV, Khatib Sulaiman, Padang. Seiring dengan acara lomba ini, juga digelar Seminar Pendidikan, 14-15 Mei 2011.

Seminar Pendidikan
Milad juga diisi dengan kegiatan seminar. Berapa topik yang diusung terkait dengan hari pendidikan nasional, kebangkitan nasional, pendidikan karakter dan isu-isu terkini. Di antaranya soal radikalisme dan permisifisme yang semakin menguat akhir-akhir ini. Hasilnya diharapkan menjadi masukan bagi pengembangan kurikulum pendidikan Tarbiyah Islamiyah ke depan.

Pembicara yang akan ikut ambil bagian dalam Seminar Pendidikan ini, adalah, Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag, Memposisikan Peran Tarbiyah Islamiyah dalam Gerakan Islam Terkini, Prof. Dr. Alaiddin Koto, M.A., Dinamika Tarbiyah Islamiyah; Kajian Historis, Drs. H. Abdul Jalal, Khittah Tarbiyah Islamiyah, Prof. Dr. H. Sufiyarma Marsidin, M.Pd., Peran Tarbiyah Islamiyah dalam Pasang Surut Mutu Pendidikan Nasional. [] Press Releasse

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA