Milad 20 Tahun Prodi Perpustakaan UIN Padang

Pustakawan Era Digital Harus Profesional


LEPAS BALON: Jajaran Pimpinan Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melepas 20 balon, simbol ulang tahun Program Studi Ilmu Kepustakaan, Jumat (7/12). 
Padang, Padek --- Pustakawan dituntut kian profesional, seiring perkembangan teknologi informasi. Digitalisasi telah membuat perubahan hebat dalam dunia perbukuan. 

Demikian terungkap dalam Syukuran Milad 20 Tahun Program Studi (Prodi) D3 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ada dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Rabu (7/12). 


"Ini Prodi yang berkembang. Sebuah keterampilan dalma menyusun katalog. Pustakawan profesional biasanya akan tahu setiap sudut pustaka dan letak buku," tegas Dosen Senior, Dr. Raichul Amar, M.Pd, dalam acara bertajuk Literacy Weekend; Manjapuik Nan Tingga tersebut. 

Raichul Amar adalah penerima anugrah bergengsi tingkat nasional, Kalpataru Award. Ia dosen yang sudah pensiun tetapi masih aktif berkontribusi di Prodi ini. Kali ini, ia meluncurkan 5 (lima) buku.

"Alumni Prodi Pustaka selama ini siap pakai. Sudah bekerja di berbagai pustaka. Menghadapi masa depan, Prodi ini tentunya tak boleh berhenti berinovasi, agar kesesuaian zaman dengan ilmu terus sejajar. Tidak ketinggalan," pesan tokoh penghijauan nasional ini.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Yufni Faisol, MA, mengapresiasi Prodi Ilmu Kepustakaan dengan menyiapkan program-program kerja agar status Ilmu Kepustakaan tetap diminati. 

"Ini keterampilan unik yang tak bisa belajar secepatnya. Perlu tumbuh minat, mencintai dunia dokumentasi, buku-buku, juga tata letak yang praktis," ungkap doktor bidang sejarah Islam ini. 

Hadir dalam acara pembukaan yaitu  para dosen aktif juga yang telah berkontribusi terhadap eksistensi Prodi ini.  

Selama dua hari, kegiatan Literacy Weekend ini akan memberikan Award kepada tokoh literasi dan berjasa pada Prodi. Di samping itu, lomba mengetik bahasa arab dan lomba pengkatalogan dan selving. Dua lomba yang memang menjurus ke dunia kepustakaan. (rel) sumber. www.padek.co 

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA