Analisis Cerpen

ANALISIS PERWUJUDAN TEMA KEMANUSIAAN
CERPEN-CERPEN DI JAWA POS DENGAN PENDEKATAN ANALITIS
(Edisi Januari-Maret 2007)
Oleh :
Neneng Era Wati
( 03340008 )
TESIS


Keyword :
ANALISIS PERWUJUDAN TEMA KEMANUSIAAN


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa karya sastra merupakan ciptaan pengarang yang mengungkapkan buah pikiran, sikap dan perasaan pengarang tentang kehidupan.. Sastra sebagai salah satu seni pada umumnya ditampilkan dalam bentuk prosa novel, puisi dan drama. Ketiganya tersebut merupakan tulisan yang memberikan hiburan, kesenangan, keharuan serta memberikan nilai-nilai tertentu pada pembaca. Cerpen sebagai salah satu sastra dapat dikaji melalui unsur-unsur intrinsik meliputi tema kemanusiaan melalui cerita yang ditawarkan pengarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perwujudan tema kema-nusiaan dalam bentuk pengakuhan ketingihan martabat manusia yang diperlakukan secara adil dan manusiawi dalam cerpen-cerpen di Jawa Pos Edisi Januari-Maret 2007. serta mendeskripsikan perwujudan tema kemanusiaan dalam bentuk pengakuan ketinggian martabat manusia yang harus dihargai dalam cerpen-cerpen di Jawa Pos Edisi Januari-Maret 2007.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, data yang dianalisis atau yang akan dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati, sehingga data yang terkumpul berupa kutipan cerita yang terdapat dalam cerpen-cerpen di Jawa Pos. Langkah-langkah yang ditempuh oleh peneliti ini yaitu menganalisis cerpen-cerpen di Jawa Pos Edisi Januari-Maret 2007 untuk mendapatkan data mengenai tema kemanusiaan dalam bentuk pengakuan ketinggian martabat manusia yang diperlakukan secara adil dan manusiawi dalam cerpen-cerpen di Jawa Pos edisi Januari-Maret 2007, dan tema kemanusiaan yang dalam bentuk ketinggian manusia harus dihargai. Penelitian ini mengunakan pendekatan analitis, pendekatan analitis dalam penelitian ini digunakan sebagai salah satu tolak dalam mengkaji karya sastra yang berkaitan dengan masalah-masalah tema kemanusiaan.
Dari hasil analisis data diperoleh semula dua belas cerpen dan sekarang memperoleh gambaran (1) tema kemanusiaan dalam bentuk manusia yang diperlakukan secara adil dan manusiawi dalam cerpen: Orang Meru karya Abdullah Khusairi, Cerpen Banjur Karya Putu Wijaya, Cerpen Kutukan Mekele Saroja Karya Sunaryono Basuki KS, (2) mengambarkan tema kemanusiaan dalam batas pengakuhan ketinggihan manusia yang harus dihargai dalam cerpen Surat-Surat Putri Karya Ratna Indraswari, Cerpen Cimpling Jadi Laki-Laki Karya Bonar Nabonenar, Cerpen Kisah Bambu Karya Yetti A KA, Cerpen Wajah Bulan Kaeya Hudan Hidayat.
Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berusaha memahami pokok persoalan tema kemanusian yang ada dalam cerpen di Jawa pos. tema tersebut berkaitan dengan pengakuan ketingian manusia ketika harus diperlakukan secara adil dan manusiawi dan ketika manusia harus dihargai.[] DARI DIGITAL LIBRARY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA