Fasilitator Rehab Rekon Ikuti Pelatihan

BUKITTINGGI----Sebanyak 308 Fasilitator Rehab Rekon Sumbar Pasca Gempa mengikuti pelatihan di Parai Holidays Bukittinggi Resort. Pelatihan ini sebagai lanjutan bekal lapangan dalam mendampingi masyarakat korban gempa. Pelatihan juga dilaksanakan dua angkatan. Angkatan I digelar 9-12 Mei 2010, sedangkan Angkatan II digelar 13-16 Mei 2010.

"Fasilitator tahap pertama ini, sudah ke lapangan, dengan pembekalan yang sebelumnya. Kita masih merasakan perlul pembekalan lanjutan dan manfaat lain yang terasa, setelah mereka ke lapangan selama dua bulan lebih, mereka kembali berdiskusi masalah yang ditemui," ungkap Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Ir. Nasral di sela-sela kesibukan Pelatihan.

Kegiatan ini diserahkan kepada instruktur dari Pusat Diklat Regional Kementerian Dalam Negeri II Bukittinggi. Menurut Nasral, agar ada rasa kebersamaan antar fasilitator, disiplin, juga mempelajari dinamika kelompok masyarakat.

"Fasilitator kita umumnya adalah sarjana yang baru tamat, jadi memang perlu pembekalan lebih soal kepemimpinan dan komunikasi kelompok," jelas Nasral.

Sementara itu, Kuasa Penggunaan Anggaran (KPA) Perumahan dan Pemukiman Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, Ir. Fachruddin menyebutkan, pemecahan masalah di tingkat kelompok masyarakat, peran fasilitator, juga keberadaan Tim Pendamping Masyarakat (TPM) adalah kesatuan dan kekuatan yang perlu dibangun segera.

"Sebagai basis kebersamaan. Jadi, pada intinya, bantuan yang diberikan yang diberikan, selain benar-benar termanfaat, inilah salah satu hikmah agar masyarakat bersatu dalam kebersamaan," ujar Fachruddin.

Materi Pelatihan
Selama tiga hari di lokasi pelatihan, pembekalan yang diberikan oleh Widyaiswara adalah, Dinamika Kelompok, Kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Rehab Rekon Pasca Gempa Sumbar, Sistem Pelaporan dan Sistem Informasi Manajemen, Community Base Development, Pengawasan Keuangan Negara, Monitoring dan Evaluasi, Pengelolaan Pengadeuan Masyarakat, Rekonstruksi Ramah Lingkungan, Perencanaan Teknis, Tatacara Perbaikan Rumah Rusak Akibat Gempa (Retrofiting), Pemeriksaan Sedarhana Pembangunan Rumah, Pemberdayaan Masyarakat, Dasar-Dasar Pengelolaan Keuangan Daerah, Proses Administrasi Penyerapan Dana Stimulus, Kriteria Verifikasi dan Validasi Rumah Rusak Akibat Gempa dan Persyaratan Pokok Membangun Rumah Lebih Aman.
Tampil memberi materi, selain dari Pusat Diklat Regional Kementerian Dalam Negeri II Bukittinggi, Koordinator Tim Pendukung Teknis (TPT) BNPB Rehab Rekon Sumbar, Dr. Sugimin Pranoto, Ir. Sugeng Sentosa, Ir. Febrin Anas Ismail, MS, Ir. Fachruddin.

Terima Fasilitator
Kegiatan Rehab Rekon Sumbar memasuki tahap II. Sementara tahap I sedang berjalan. Pada tahap II, setidak kurang dari 900 orang fasilitator akan diterima. Sudah dibuka lowongan dan lamaran yang masuk hingga ditutup 10 Mei lalu, sebanyak 1.100 lebih. Fasilitator yang lolos juga akan mengikuti pelatihan seperti ini nantinya. []Abdullah Khusairi

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA