Pasien Cepat Sehat Tak Hanya Karena Obat Mahal

Dr.Mellyarti Syarif, M.Pd Dikukuhkan

PADANG--- Penyembuhan pasien tidak hanya diperoleh dari obat-obatan mahal saja. Pasien juga butuh bimbingan konseling dari penyuluh agama. Cara ini akan membuat pasien menjadi lebih sabar dalam menghadapi penyakit yang sedang diidapnya.

“Warga rumah sakit merasakan manfaat atas keberadaaan penyuluh agama. Warga yang mendapatkan pelayanan konseling secara mendalam memperoleh kenyamanan dengan motivasi kesabaran atas apa yang dialaminya dari pembimbing rohani.”

Pernyataan tersebut merupakan hasil Disertasi Mellyarti syarif, dosen Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang yang akan meraih gelar doktor pada promosi doktornya di Aula Pasca Sarjana IAIN Imam Bonjol Padang hari ini, Kamis (05/08) pukul 19.30 WIB.

Dalam sidang senat terbuka IAIN Imam Bonjol Padang ini, perempuan yang juga Pembantu Dekan III Bidang kemahasiswaan ini akan mempertahankan disertasinya dengan judul “Pelayanan Bimbingan Penyuluhan Islam Terhadap Pasien (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Pusat DR. M Jamil dan Rumah sakit Islam Ibnu Sina YARSI Padang).

Mellyarti tercatat juga doktor keempat yang dikeluarkan pasca IAIN Imam Bonjol, namun bukan dari lingkungan IAIN Imam Bonjol Padang. Dan gelar doktor pertama yang dikeluarkan pasca untuk lembaga yang sama.

Sebelum melangsungkan promosi doktor ini, Mellyarti telah melewati ujian tertutup yang diuji oleh 7 orang doktor. Diantaranya, Prof DR H Amri Yusuf, M.Pd. Prof DR H Syafruddin Nurdin, M.Pd, Prof DR H Salmadanis, M.Ag, Prof DR H. Asnawir, Prof Hj Hayati Nizar (Alm), Prof DR Yahya Jaya, M.A dan Prof DR H Makmur Syarif, Sh, M.Ag yang bertindak sebagai pemimpin sidang.

Disertasi dosen fakultas dakwah yang mengambil S3 konsentrasi pendidikan islam ini meneliti tentang idealnya penyuluh islam di rumah sakit. Sedangkan fokes penelitiannya yaitu implikasi pelayanan bimbingan dan penyuluh terhadap pasien di rumah sakit terhadap kesabaran, peningkatan ibadah, percepatan penyembuhan dan upaya pengembangan bimbdi rumah sakit.ingan penyuluhan islam Ia mengambil sampel di dua rumah sakit di kota Padang yaitu rumah sakit DR M Jamil Padang dan rumah sakit YARSI Ibnu Sina Padang.

Kesehariannya, Ketua Persatuan Majelis Taklim (PMT) ini memang mengajar mata kuliah konseling dan penyuluhan islam di Fakultas Dakwah, IAIN Imam Bonjol Padang. Selain Aktif di berbagai organisasi, ibu dari 4 orang anak ini juga telah menulis sebanyak 11 karya tulis. Ia berharap promosi gelar doktor yang dilangsungkannya malam ini dapat berjalan dengan sukses. “Saya berharap promosi nanti malam berjalan sukses karena juga akan menjadi dosen pertama yang meraih gelar doktor lulusan Pasca IAIN,” ujarnya mengakhiri. [] RELIS PANITIA / Singgalang, Padang Ekspres, Kamis, 5 Agustus 2010

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA