Progres Rehab Rekon Agustus 2010

Habis Tahap I, Terbitlah Tahap II
Padang ---
Hingga pertengahan Agustus 2010, progres kegiatan rehab rekon tahap I sudah menyerap dana sebesar 51 persen. Sedangkan progres fisik mencapai 66.67 persen.
Empat sektor penyerapan dana Rp313,9 Miliar tersebut, sektor perumahan, sektor infrastruktur, gedung pemerintah dan lintas sektor, sektor sosial, sektor ekonomi produktif.
Sektor perumahan, tahap I sebagai percontohan untuk 7000 unit rumah telah 60 persen dana terserap. Dengan realisasi fisik 84 persen. Rinciannya, Kota Padang dengan 86 Kelompok Masyarakat (Pokmas), 96 persen selesai.
Kabupaten Padangpariaman sudah mencapai 91 persen dengan 139 Pokmas. Sedangkan Kota Pariaman, 86 persen, dengan 15 Pokmas.
Sementara itu, Kabupaten Agam sudah 67 persen dari 26 Pokmas. Sedangkan Kabupaten Pesisir Selatan 87 persen. Kabupaten Solok, 96 persen dan Pasaman Barat 68 persen. Artinya, dana Rp144 miliar yang dicanangkan untuk sektor perumahan pada tahap I sebagai percontohan akan habis.
Sektor Infrastruktur, Gedung-Gedung Pemerintahan, juga telah memperlihatkan angka penyelesaian yang signifikan. Sub Sektor Jalan dan Jembatan dengan alokasi Rp49 Miliar, realisasi fisik mencapai 45,30 persen dan realisasi keuangan Rp39,7 persen.
Rehabilitasi jalan ini, meliputi Wilayah I, Kabupaten Padangpariaman dan Pesisir. Wilayah II meliputi Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Agam.
Wilayah III, Tanahdatar, Kabupaten Solok dan Sijunjung. Jembatan di wilayah-wilayah ini juga menjadi bagian yang direkonstruksi.
Untuk sub rekon, Air Minum Rp7 Miliar di Kota Padang, Kota Padang, Kab. Padang Pariaman, Kab. Agam dan Kab. Pesisir Selatan, telah sampai pada titik 40,3 persen. Irigasi Rp36 Miliar telah sampai 48,93 persen.
Sedangkan untuk gedung pemerintahan, sudah dirancang Design Engineering Detail (DED) untuk 15 gedung. DED menghabiskan dana Rp15,6 Miliar, terealisasi 23,50 persen.
Sektor kesehatan dengan kegiatan Peningkatan Kesehatan Masyarakat, Penanggulangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, telah mencapai 72 persen realisasi fisik kegiatan dari Rp22, 7 miliar dana rehab rekon.
Realisasi di Sektor Ekonomi Produktif, dari anggaran Rp225 Miliar, sudah terealisasi 100 persen fisik, dan keuangan 57 persen. Sektor ini melingkupi, peralatan Kesehatan Hewan, Obat Hewan, Peralatan Inseminasi BuatanPadang dan Bantuan Kandang Ternak.
Menanggapi kegiatan yang telah dilaksanakan hingga Agustus 2010 ini, Koordinator TPT Rehab Rekon Sumbar Dr. Sugimin Pranoto mengaku cukup puas.
"Memasuki tahap II, memang banyak yang menilai lamban. Namun perlu dipahami, rehab rekon dimulai Januari akhir, Februari baru memulai koordinasi. Jadi, tidak bisa dinilai satu tahun full kerja," ujar Sugimin.
Sugimin optimis, pada kegiatan Rehab Rekon Sumbar Tahap II akan mengalami percepatan karena mekanisme sudah berubah dan fokus kerjanya cuma dua sektor saja. Perumahan dan Gedung Pemerintahan. [] sumber: Singgalang, Sabtu, 21 Agustus 2010

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA