TPT Rehab Rekon Akan Gelar Workshop dan Pameran

Padang --- Tim Pendukung Teknis (TPT) Rehab Rekon Sumbar Pasca Gempa bersama Shelter Working Groups akan menggelar Workshop dan Pameran Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sumbar, 8 Juli 2010 di Gubernuran Sumbar.
Hal ini dilaksanakan, berdasarkan Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca Gempa Sumatra Barat 30 September 2009, banyak hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah bersama Lembaga Non Pemerintah untuk membantu masyarakat kembali bangkit dan pulih dari musibah.
"Berbagai program sudah dilaksanakan dalam waktu delapan bulan terakhir, perbaikan dan pembangunan rumah, pembangunan dan perbaikan sarana pendidikan, sarana kesehatan, livelihood dan mata pencaharian, perbaikan sarana dan prasarana dan lain sebagainya," ungkap Koordinator TPT RR Sumbar, Dr. Sugimin Pranoto, M.Eng.
Program pemerintah dan Non Pemerintah (lokal dan internasional) di bidang perbaikan atau pembangunan rumah dan pembangunan hunian sementara pun sudah banyak dilakukan, hanya saja kegiatan tersebut selama ini kurang mendapat banyak publikasi sehingga masyarakat tidak mengetahui perkembangan dan tantangan yang terjadi selama proses rehab–rekon.
Ketidaktahuan ini menyebabkan masyarakat dan media mempersepsikan dengan belum atau bahkan tidak adanya kemajuan yang terjadi.
"Tujuan acaranya, menyebarluaskan informasi kegiatan perbaikan rumah masyarakat yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah dan lembaga non pemerintah yang beroperasi di Sumatra Barat," jelas Sugimin.
Selain itu, memaparkan berbagai hasil Rehabilitasi dan Rekonstruksi baik keberhasilanya maupun kendalanya.
"Juga memformulasikan strategi bersama antara lembaga pemerintah (TPT?BNPB), BPBD, SKPD terkait dan lembaga?lembaga non pemerintah lokal dan asing untuk menjalankan program perbaikan perumahan yang lebih baik berdasarkan hasil pembelajaran dan praktek program yang telah dilakukan oleh semua pihak," tambah Anggota TPT, Sugeng Sentosa.
Acara satu hari penuh ini memilih tema, "Dengan kordinasi dan kolaborasi kita tingkatkan percepatan pemulihan perumahan rakyat di Sumatera Barat”
Acara ini setidaknya akan diikuti oleh UN Habitat, Aceh People Forum, Caritas Switzerland, Habitat For Humanity, Cipta Fondasi Komunitas, Build Change, IFRC?PMI, Swiss Labour Asistance, Caritas Carina, GenAssist/CWRWC, dll. [] Abdullah Khusairi

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA