Rehab Rekon Sumbar Makin Cepat

Padang --- Proses Rehab Rekon (RR) Sumbar Pasca Gempa, sejak Januari hingga April terus memperlihatkan progres yang cepat. Hal ini berkat bantuan banyak pihak. Masyarakat hendaknya juga membantu percepatan tersebut.
"Laporan yang masuk ke Pemprov, dari NGO dan pemerintah daerah, sudah menunjukkan penyelesaian infrastruktur pendidikan, kegiatan pemulihan sosial dan sebagainya. Kita telah membuat action plan untuk tahap RR selanjutnya," ungkap Gubernur Sumbar, Marlis Rahman didampingi Koordinator Tim Pendukung Teknis (TPT) BNPB Rehab Rekon Sumbar, Dr. Sugimin Pranoto, Ketua Bappeda Sumbar, Dr. Bambang Istijono, kemarin.
Marlis Rahman menyatakan apresiasi yang tinggi untuk Non Govermen Organization (NGO) yang telah dan sedang bekerja untuk mempercepat RR Sumbar.
Salah satu laporan yang datang ke tangan Marlis dari Australian Agency for Internasional Development (AusAID). Laporan menunjukkan, sudah dan akan membangun 20 sekolah senilai 5.000.000 Dollar Australia (Sekitar Rp41 Miliar dengan nilai tukar Rp8392), Suplay Air Bersih, 75.000 Dollar Australia (Rp629Juta), Renovasi Fasilitas Kesehatan 1,200.000 Dollar Australia (Rp1,02 M) dan lain-lain.
Sekolah Dasar (SD) yang mendapat bantuan dari AusAID di Padang, SDN 10 Koto, SDN 34 Kuranji, SDN 15 Koto Gadang, SDN 33 Kalumbuk, SDN 09 Kayu Aro, SDN 16 Tanjung Aur, SDN 14 Tabing Bandar Gadang. Di Pariaman, SDN 8 Toboh Palabah, SDN 01 Koto Marapak, SDN 14 Cubadak Air, SDN 2 Kajai, SDN 12 Sirambang.
AusAID juga membangun dan merenovasi SDN di Kabupaten Padangpariaman. Kabupaten Agam dan Pesisir Selatan. Sektor kesehatan juga dibantu, dibangunnya tujuh Puskesmas dan renovasi dua Puskesmas.
"Tanpa meniadakan arti bantuan yang lain, peran lembaga kemitraan baik lokal maupun asing sangat penting artinya. Kita harus mengucapkan terima kasih," kata Marlis.
Terdapat 69 LSM/NGO yang ikut ambil bagian menangani RR Sumbar bersama dengan pemerintah. Setidaknya, dalam sebulan satu kali digelar rapat koordinasi di ruang kerja TPT BNPB RR Sumbar, gedung PSDA Sumbar.
“Progres pekerjaan, dana yang diserap dari NGO, dilaporkan secara berkala, sehingga TPT BNPB RR Sumbar, yang kini juga diikuti oleh Kepala BPBD Sumbar yang baru dilantik, RR Sumbar cepat dan tepat menuju sasaran yang hendak dicapai,” kata Marlis optimis. [] Humas TPT BNPB RR Sumbar

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA