BERITA-RANG MINANG BARALEK GADANG





[caption id="attachment_1595" align="alignleft" width="300" caption="Cerdas Cermat "]Cerdas Cermat [/caption]

Wujudkan Ranahminang yang memiliki intelektual masa depan dengan menggalakkan sektor pendidikan. Karena negeri ini bangkit dan merdeka karena pendidikan.
"Ranahminang adalah daerah yang melahirkan intelektual. Sejarah telah menuliskan itu. Bahkan jauh sebelum kemerdekaan didengungkan, dari Ranahminanglah suara pertama itu datang," ungkap Mensos RI DR H Bachtiar Chamsyah ketika membuka acara Cerdas Cermat Tingkat SLTA Se-Sumbar, di SMA Agama Cendikia Mukomuko Maninjau, Senin (22/12).
"Sekarang, mari berbuat untuk meningkatkan intelektualitas. Cerdas cermat yang digagas dalam rangka Urang Minang Baralek Gadang ini merupakan cikal. Saya mimpikan agar ada perlombaan merakit roket dari sekolah ini," ujar Mensos disambut gemuruh tepuk tangan siswa siswi yang akan berlaga dalam Cerdas Cermat.Sementara itu, Ketua Penyelenggara Dr H Leonardy Harmainy MBA menyatakan, Urang Minang Baralek Gadang merupakan hajatan seiring dengan 100 abad Kebangkitan Nasional, Syukuran Kepahlawanan Muhammad Natsir, dan 80 Sumpah Pemuda.
"Ini karya untuk menyatakan, baralek tidak sekedar pesta hura-hura. Tapi dipenuhi dengan perlombaan yang mengasah intelektual," ungkap Leonardy Harmainy.
Dikatakan Ketua DPRD Sumbar itu, rentetan acara Urang Minang Baralek Gadang, dari Debat Mahasiswa, Cerdas Cermat, kegiatan budaya di Koto Gadang adalah bentuk nyata untuk Ranahminang.
Sedangkan Bupati Kabupaten Agam, H Aristo Munandar mengaku bangga dengan kehadiran beberapa event dari Rang Minang Baralek Gadang digelar di kabupaten Agam.
"Dunia pendidikan di Agam memang sedang digenjot untuk menjadi yang terbaik. Pendidikan Agama sudah memperlihatkan hasil yang dominan. Buktinya dalam MTQ tingkat provinsi dan nasional," tutur Bupati.
Terdapat sebelas utusan Kota dan Kabupaten di Sumbar yang ikut ambil bagian dalam Cerdas Cermat yang merebut piala Wapres, Mensos dan Gubernur Sumbar tersebut. Hingga sore tadi, babak penyisihan sudah berjalan. Sore besok akan dilaksanakan final.  [

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA