RESENSI-HARI AKHIR

Tabir Kehidupan


COVER-HARI-AKHIRJudul  : Menjelang Hari Akhir
Penulis : Abdul Adzim
Penerbit : Citra Risalah
Cetak  : 2008
Tebal  : 298 Halaman

Ilmu eksak melaju pasti. Ilmu sosial dan agama berkelindan memutari lingkaran sejarah. Ilmu eksak menemukan logika-logika baru. Rahasia alam terbuka satu-satu. Ilmu sosial menemukan fenomena demi fenomena. Ilmu agama memberikan gambaran yang begitu sulit ditemukan ilmu pasti dan ilmu sosial. Oleh karenanya, ilmu agama sebuah keyakinan. Tidak terlalu dekat dengan ilmu pasti dan tidak terlalu lekat dengan ilmu sosial. Ilmu agama, khususnya hal-hal metafisik, hanya dicapai secara individual dan dirasakan dengan pembuktian. Maka amatlah sulit disampaikan sebuah pengalaman spiritual kepada orang lain, jika tidak dahulu dengan sebuah keyakinan yang sama.

Tetapi buku ini mencoba didekatkan dengan logika-logika sederhana tentang kehidupan. Jika seratus tahun yang lalu kita tak ada, seratus tahun setelah itu kita ada—usia yang maksimal—maka seratus tahun setelahnya sudah dipastikan kita tak ada. Lalu kemanakah kita? Pertanyaan klasik yang selalu lahir dari filosof dan sufi agaknya sesekali akan tumbuh dalam pikiran manusia yang hari ini hidup di atas logika-logika. Nalar yang tiada henti memikirkan isi alam. Nalar yang kadang alpa memikirkan bagaimana alam, jiwa dan manusia.
Buku ini memaparkan hidup manusia dari alam arwah sampai alam akhirat dengan dasar-dasar Al-Quran dan Hadits. Sebuah buku yang patut dibaca oleh orang-orang yang sudah lelah mengagungkan logika. Orang-orang yang sudah jenuh dengan pencarian tentang hakikat kehidupan yang selalu terasa membawa kesepian yang sangat luas dalam jiwanya.
Terdapat rahasia-rahasia kehidupan yang tersingkap sedikit, dapat dipahami sebagai bentuk keyakinan. Jika ia telah dibongkar oleh ilmu pengetahuan, semakin dibongkar ia, semakin punya rahasia yang paling dalam. Paling tidak, akan kelihatan sifat manusia paling dangkal, ketakutan-ketakutan atas kehidupan. Sedangkan kematian, datang tanpa dapat diperhitungkan sejak semula. Banyak yang sehat bisa langsung mati, sedangkan yang sakit tidak pernah mati. Itulah salah satu rahasia kehidupan manusia yang paling dekat. Namun, manusia mencoba terus melupakannya. Seakan-akan kematian itu panggilan biasa.  Padahal, hisab kehidupan di dunia akan dilakukan. Demikianlah buku ini ditulis dengan segenap dasar-dasar Islam. Patut dibaca oleh ummat manusia. [Abdullah Khusairi]


 

Comments

Popular posts from this blog

METODE TAFSIR TAHLILI

RESENSI ASMARA DI ATAS HARAM

#DIRUMAHAJA